Kegiatan Senam Irama Membentuk Kebugaran Tubuh

senam lantai

Kegiatan Senam Irama Membentuk Kebugaran Tubuh – Seluruh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer mengikuti senam bersama. Kegiatan ini dilakukan di Lapangan Futsal Pascasarjana Universitas Bandar Lampung yang terletak di sebelah gedung M Fakultas Ilmu Komputer.

Hal ini tentunya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, baik psikis maupun fisik, setelah tubuh lelah melakukan aktivitas rutinnya dalam menjalankan tugas dan kuliah, senam merupakan salah satu solusi untuk mengembalikan kelenturan tubuh dan otak.Karena dengan melakukan gerakan-gerakan dalam senam serta menguasai teknik-teknik gerakan yang tepat dapat menghasilkan gerakan-gerakan yang serasi dan bermanfaat bagi jasmani dan Rohani. Hal ini sesuai dengan tujuan senam itu sendiri, yaitu membentuk keindahan tubuh, kebugaran dan kekuatan.

Untuk melakukan kegiatan senam tersebut Ilmu Komputer secara khusus mendatangkan instruktur senam yang dilatih.

Sebelum melakukan gerakan inti, Instruktur senam memberikan gerakan-gerakan pemanasan untuk melunturkan anggota tubuh agar tidak tegang saat melakukan senam inti nantinya. Berlatih menggunakan musik mulai dari gerakan sederhana gerakan yang lebih kompleks tentunya senada menuju dengan ekspresi tubuh, gerak dan musik.

Selain asyik bergoyang, senam irama juga memberikan banyak manfaat bagi tubuh terlebih lagi jika kita melakukannya sejak kecil hingga mencapai usia 30 tahun. Berikut manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan senam irama.

1. Menjaga kebugaran jasmani

Manfaat utama yang bisa kita nikmati dengan rajin mengikuti senam irama ialah memperoleh kebugaran. Sebab, olahraga yang dilakukan secara teratur akan membantu metabolisme tubuh, memperlancar aliran darah, memperlancar sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh, hingga meningkatkan daya tahan tubuh yang pada akhirnya berkhasiat mencegah diri Anda jatuh sakit.

2. Menjaga berat badan

Cara paling mudah menjaga berat badan adalah dengan melakukan kegiatan fisik. Dengan melakukan senam irama, tubuh akan membakar kalori dan mencegahnya berubah menjadi lemak dalam tubuh.

3. Menghindari penyakit kritis

Penyakit kritis masih menjadi penyebab sebagian besar kematian di dunia. Tak tanggung-tanggung, data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dikutip oleh Kementerian Kesehatan (Kemkes) pada Desember 2018. Memperlihatkan bahwa penyakit tidak menular (PTM) yang termasuk penyakit kritis masih menjadi 70% penyebab kematian di dunia. Yang termasuk penyakit kritis antara stroke lainnya, diikuti oleh penyakit jantung iskemik, diabetes melitus, ginjal kronis, kanker, dan hipertensi.

Yang kurang disadari oleh banyak orang adalah, penyakit kritis bisa disebabkan oleh dua hal, yakni faktor keturunan dan gaya hidup. Berdasarkan penelitian Kemkes, sebagian besar penyebab penyakit kritis di Indonesia adalah karena orang tidak melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, jam kerja yang tinggi, stres, gaya hidup tidak sehat termasuk di antaranya merokok, minum minuman beralkohol, serta mengonsumsi makanan berpengawet.

Oleh karena itu, untuk mencegah diri dari ancaman penyakit kritis, maka kita bisa mulai membiasakan diri beraktivitas fisik seperti mengikuti senam irama. Olahraga secara umum bisa mencegah kita dari nyeri di area tertentu.

4. Lebih bahagia

Yang tak kalah penting, senam irama juga membantu meningkatkan jumlah energi, hormon endorphin, dan hormon serotonin di dalam otak. Yang pada akhirnya bisa membantu kita memperoleh kesehatan mental. Kemampuan mengelola stres dan suasana hati yang baik akan membantu kita untuk mencapai produktivitas yang tinggi baik dalam pekerjaan maupun dalam peran kita di keluarga.

Gimana, jadi tambah semangat ikut senam irama  khan ? Ingat, rutin melakukan senam irama akan membawa banyak manfaat bagi diri kita, di antaranya kebugaran fisik, berat badan terjaga, fungsi seksual sehat, terhindar dari penyakit kritis, dan lebih bahagia. Terus semangat ya buat ikutin senam irama yang bakalan diadakan setiap hari jumat di lapangan futsal Pascasarjana Universitas Bandar Lampung!